Diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc. pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam Action Comics 30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial radio, acara televisi, film, surat kabar, komik, novel, dan permainan video. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan genre superhero dan membuat keunggulan didalam buku komik Amerika.

Karakter awal Superman
"The Reign of the Super-Man" dalam majalah Science Fiction, Vol. 1, No.3 (Juni 1933).

Ketika Jerry Siegel dan Joe Shuster pertama kali membuat Superman, bukanlah seorang superhero yang selalu membantu manusia lain, tetapi seorang psikopat botak jenius dengan kekuatan telepati yang hendak menguasai seluruh dunia. Ia muncul pada cerita pendek yang berjudul "The Reign of the Super-Man" dari Science Fiction, sebuah majalah yang diterbitkan oleh Siegel pada tahun 1933.Karena tidak lakunya karakter ini, pada akhirnya "Superman Botak" itu pun kemudian ditulis ulang oleh Siegel ditahun 1933 sebagai seorang pahlawan, berbeda dari karakter jahat sebelumnya, mengambil model dari aktor Douglas Fairbanks Sr. dan alter egonya Clark Kent, dari aktor komedi Harold Lloyd.Superman botak dan jahat kemudian menjadi seorang musuh utama Superman yang bernama Lex Luthor.

Perubahan karakter Superman



Seperti diceritakan dalam Action Comics, Superman lahir di planet Krypton dengan nama Kal-El, dan ketika masih bayi diluncurkan dengan roket ke Bumi oleh ayahnya, Jor-El, sesaat sebelum planet itu hancur. Roket kemudian mendarat di Bumi, di sebuah ladang, yang ditemukan oleh pasangan Kent, Jonathan Kent dan Martha Kent, yang kemudian mengadopsinya dan diberi nama Clark Kent. Sebagai seorang anak yang sedang tumbuh, ia menemukan bahwa ia menguasai kekuatan yang jauh diatas manusia biasa dan menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain. Untuk menyembunyikan rahasia identitasnya saat tidak sedang berhadapan dengan penjahat sebagai seorang Superman, ia hidup sebagai Clark Kent, manusia biasa yang berwatak halus, seorang reporter The Daily Star (kemudian berganti nama menjadi The Daily Planet). Clark bekerja bersama reporter Lois Lane, dan terlibat kisah asmara dengannya, dan diceritakan menikah dalam lanjutan kisah komiknya.

Monday, June 21, 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Asal Usul Superman"

Write a comment